Jumat, 03 Oktober 2014

Apa Itu ACDSee ?

Hallo para pembaca, meneruskan postingan yang sudah sudah tentang software/aplikasi kecil yang mungkin wajib ada di komputer. Kali ini saya akan menjelaskan lagi sedikit tentang ACDsee. Tentunya nama tersebut tidak begitu asing di telinga para pembaca bukan? Mereka yang sudah menggunakan komputer dari tahun 2000an awal tentunya dulu pernah beranggapan bahwa aplikasi tersebut merupakan suatu hal yang wajib ada, sehingga musti diinstall. Sebenarnya fungsi utama dari  ACDsee adalah mengorganisasikan file gambar serta foto yang ada di dalam komputer. Program ini dapat melakukan proses pemindaian secara cepat. Dalam sekejap, semua file berkaitan dengan ekstensi foto bakal ditampilkan dalam satu interface sederhana. User kemudian bisa melakukan proses pengolahan lebih lanjut.

ACDsee mendukung beberapa macam fitur berguna, termasuk di antaranya editing sederhana. Fungsi berikut yang kemudian banyak dimanfaatkan oleh user lain. Biasanya digunakan untuk melakukan crop atau memotong dimensi dari suatu foto, guna menghilangkan objek tak diinginkan. Selain itu, kalian juga bisa melakukan proses peningkatan kualitas gambar melalui pengaturan brightness, kontras, saturasi, serta masih banyak aspek lainnya. Memang kala itu masih belum banyak software house yang mampu menelurkan program berfungsi serupa. Selain itu, akses untuk download aplikasi di Internet juga masih sangat terbatas. Tak mudah bagi sembarang orang mendapatkan program gratisan bagi komputer di rumah. Berbeda dengan kondisi saat ini, di mana konten semacam itu bisa diunduh secara mudah. Hal ini kemudian membuat banyak orang tertarik menggunakan ACDsee.

Pengertian ACDsee sendiri menurut beberapa sumber, dan saya ambil dari Wikipedia ACDSee adalah perangkat lunak image viewer shareware untuk Windows yang dikembangkan oleh ACD system. Versi terkini adalah 10. Selain fungsi thumbnail dan konversi jenis file, ACDSee juga memiliki fungsi slideshow presentation, CD/DVD burning, HTML gallery creation, image folder syncing dan editing/indexing of image metadata seperti Exif. Selain itu manipulasi gambar sederhana juga dapat dilakukan, misalnya cropping, scaling dan rotating.

Ok, para pembaca mungkin hanya itu yang bisa saya paparkan sedikit mengenai Aplikasi ACDsee. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa mencari dari sumber-sumber lainnya.Terima Kasih semoga bermanfaat. :)

Baca Artikel lainnya Pengetian WinRAR 
Title: Apa Itu ACDSee ?; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar